Selasa, 17 Maret 2020

Mikrotik


Assalamu'alaikum WB.

perkenalkan nama saya Agung pangestu saya sedang prakerin di Metro Techno Solution yaitu tempat prakerin terbaik di lampung nah di blog kali ini saya akan membahas tentang mikrotik

A. Pengertian Mikrotik
     Mikrotik adalah sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer).

B. Sejarah Mikrotik


     Pada tahun 1996, John dan Arnis memulai sejarah terciptanya mikrotik dengan sistem Linux dan MS DOS. Mereka mengombinasikan keduanya dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps di Moldova.
Saat keduanya sampai di Latvia, mereka mulai melayani lima pelanggannya. Ambisi mereka adalah membuat perangkat lunak router yang handal dan bisa disebarkan ke seluruh dunia.
Linux pertama yang John dan Arnis gunakan adalah versi Kernel 2.2. Versi Linux tersebut mereka kembangkan berdua dengan dibantu oleh 5–15 orang staf R&D Mikrotik yang kini menguasai dunia routing untuk negara-negara berkembang.
Pada mulanya, tujuan mikrotik adalah untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang memberi servis kepada pelanggannya memakai teknologi wireless atau nirkabel.
Tujuan utama mereka berdua adalah membangun software untuk routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang.
Sehingga akhirnya mereka membuat berbagai perangkat keras yang berhubungan dengan software yang kemudian mereka berdua kembangkan.
Keahlian Mikrotik terletak di perangkat lunak routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN dengan antena omni yang sangat tidak dianjurkan pemakaiannya di dunia W-LAN, karena sensitif terhadap gangguan.
Kepopuleran mikrotik akhirnya menyebar juga di tanah air, Indonesia. Mikrotik pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2001 ke Yogyakarta melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan.
Kemudian meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.
Kesuksesan Mikrotik me-routing dunia adalah sebuah contoh bahwa semua orang sanggup membantu calon internet user agar dapat masuk ke dunia maya, terutama dalam membangun infrastrukturnya.

C. Tujuan mikrotik
    Tujuan Mikrotik diantanya yaitu:
Mikrotik  didesain mudah digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer.

D. Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik
   1. Kelebihan Mikrotik
  •  Mudah penggunaanya
  •  Harganya terjangkau
  •  Dapat berperan sebagai Router
    2. Kekurangan Mikrotik
  •   Mikrotik belum mampu menangani sebuah jaringan internet bersekala besar
E. Mikrotik RouterOS


    Yang dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.Sebuah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

   Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

F. Mikrotik Router Board
    Merupakan router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

    Ada beberapa seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless menggunakan routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi.
   
    Karena semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.

G. Fungsi Mikrotik Pada Jaringan Komputer
    Mikrotik menjadi primadona dalam pembuatan router dan administrasi dalam jaringan, kemudahan dan tool yang sederhana membuat mikrotik menjadi pilihan banyak orang, berikut ini ialah fungsi mikrotik dalam jaringan komputer.
  • Dapat digunakan sebagai biling hotspot sehingga memudahkan dalam pengkonfigurasian dan pembagian bandwitch pada jaringan.
  • Konfigurasi jaringan internet dapat dilakukan secara terpusat pada mikrotik sehingga memudahkan admin jaringan untuk mengelola jaringan tersebut.
  • Dapat digunakan untuk memblokir situs-situs terlarang yang mengandung konten pornografi dengan menggunakan proxy sehingga tercipta penggunaan internet yang positif.
  • Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server.
  • Pengaturan dan Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan spesifikasi perangkat keras yang sangat rendah.
  • Memisahkan bandwith traffic internasional dan local dan lainnya

Nahh itu tadi materi tentang mikrotik... Semoga bermanfaat buat kita semua yaa guys... See you next time.... Terima kasihhh


Waalaikumsalam WB.



A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

home

Cara konfigurasi virtualbox Metro tekhnosolution

TEMPAT KURSUS TERBAIK  DILAMPUNG     Assalamu'alaikum WB. Nama saya Agung pangestu dari SMK PGRI 1 PASIR SAKTI kali ini saya aka...